Daftar Blog Saya

Senin, 28 Maret 2011

Jurusan di Ilmu Komputer

Jurusan di Ilmu Komputer

Terkadang banyak dari mahasiswa baru bahkan orang tua murid yang masih bingung membedakan jurusan Teknik informatika dan Sistem informasi dan banyak juga orang–orang yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama. Padahal jurusan tersebut sangat berbeda cara mempelajari ilmunya.


Penjabarannya sebagai berikut:

Di Indonesia ada tiga jurusan saja yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu :

  1. Computer Science untuk jurusan Teknik informatika atau Ilmu komputer.
  2. Computer Engineering untuk jurusan Sistem komputer atau Teknik komputer
  3. Information System untuk Jurusan Sistem informasi atau Manajemen informatika

Teknik Informatika

Adalah jurusan yang mempelajari bagaimana logika-logika matematika yang digunakan pada sistem informasi. Perancangan desain informasi, pembuatan software, web design, dll merupakan hal yang menjadi bidang garap jurusan ini Kemampuan di bidang matematika akan sangat diperlukan dalam mendalami bidang informatika.

Teknologi Informasi

Adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam misalnya ponsel.


Sistem Informasi

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.

Dengan penjelasan ini semoga mmberikan pencerhana bagi calon mahasiswa yang masih bingung menentukan jususan kuliah pada bidang ilmu komputer.


Sistem Komputer

Adalah jurusan yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan computer, yang lebih menekankan pada bidang hardware

Software Engineering

merupakan disiplin ilmu yang membahas semua aspek dari pengembangan software, dari mulai tahap awal spesifikasi sampai pemeliharaan setelah software digunakan. Software Engineering tidak hanya berhubungan dengan proses teknis pengembangan software tetapi juga dengan kegiatan management project software, pengembangan alat bantu, metode dan teori untuk mendukung pengembangan software.

Prospek / Lapangan kerja bagi lulusan Ilmu Komputer:

Sarjana Ilmu Komputer sering dibutuhkan hampir di semua perusahaan karena pada saat ini tidak terlepas dari peranan komputer.



Sumber:

http://www.mikroskil.ac.id/ti/

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

http://www.imagobojonegoro.co.cc/2010/08/apa-sih-perbedaan-teknik-informatika.html

http://kampoeng-it.blogspot.com/2011/01/perbedaan-jurusan-ilmu-komputer-teknik.html

http://itsum.wordpress.com/category/software-engineering/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar